Home » , » Weekend Ke Kawasan Darajat Pass Garut

Weekend Ke Kawasan Darajat Pass Garut

Written By Frank Garsel on Senin, 13 Oktober 2014 | 18.42

Sebeleumnya saya mengunjungi Objek Wisata yang ada di Darajat Garut, yaitu Renang ke Awit Sinar Alam Darajat Garut, Kali ini saya mencoba mengunjungi tempat lain yang masih berada di kawasan objek wisata Darajat. Menikmati akhir pekan bersama sahabat lama, kebetulan kemarin kedatangan teman lama sewaktu saya masih aktif di salah satu komunitas yang ada di kota Garut. Ya dulu sekitar tahun 2010-2011, sudah lama tak jumpa, teman saya ini datang kembali menemui saya pada tahun 2014 menjelang akhir tahun. Teman daya ini datang bersama kedua temannya yang kebetulan satu jurusan dengan teman saya kuliahnya di UIN bandung, teman saya namanya Fikri dan kedua temaannya Aswan dan Rifki. Namun saat ketemu teman saya Fikri yang asli Garut, ingin mengunjungi salah satu tempat wisata yang saat ini rame dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dariberbagai kota/kabupaten yang ada di luar Jawa Barat, Yaitu mengajak saya untuk mengunjungi tempat wisata Pemandian Air Panas Darajat.
Sebelumnya saya dan fikri melakukan sambungan telepon dulu untuk mengatur janjian dimana, namun setelah selesai melakukukan sambungan telepon, teman saya ingin mampir dulu ke markas saya, dengan menggunakan motor teman saya sampai ke markas saya sekitar pukul 13:00 Wib siang. Sesampainya di markas saya, mereka menikmati kopi dulu sambil ngbrol ngaler ngidul. Sekitar 1 jam kurang lebih kami ngbrol, dan tepat pukul 14:00 kami semua langsung menyiapkan dan mengecek beberapa kebutuhan yang harus dibawa ke tempat wisata darajat, karena kalau main kesana tak mungkin tidak berendam di air panas, maka dari itu semua perlengkapan baju, dan lain-lain harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya tak ada yang ketinggalan, mulai dari hal kecil seperti kresek untuk tempat penyimpanan pakaian bekas renang serta baju ganti setelah berenang.
Akhirnya kami semua setelah selesai persiapan langsung meluncur kedarajat, dari daerah Alun-alun Garut, kami mengambil arah ke Pasar Andir dan keluar dari Jalan Raya Simpang Bayongbong-Samarang. Sepanjang jalan kami semua menikmati pemandangan sore yang indah, gunung-gunung tanpa kabut terlihat jelas karena saat itu cuaca sangat terang dan panas. Dari Wilayah Kecamatan Samarang, kami masuk ke wilayah Kecamatan Pasirwangi, dimana jalan ini adalah jalan utama menuju Darajat, sepanjang perjalanan kita semua bisa melihat pemandangan yang luar biasa, kebun-kebun milik petani warga sekitar terlihat terawat, mulai dari pesawahan dan tanaman sayuran yang hampir siap panen, ini semua menghiasi perjalanan kami menuju tempat objek wisata Darajat.
Selama perjalanan kami ngbrobrol dan memilih tempat yang akan kami pilih untuk berenang, area wisata Darajat sudah mulai terlihat dari bawah, kami segera memutuskan tempat mana yang akan kami pilih, ternyata pilihan semua jatuh kepada tempat pemandian air panas Darajat Pass, ya pilihan yang tepat, karena tempat ini adalah tempat paling lengkap dan paling rame dikunjungi wisatawan.

Sesampainya digerbang utama wilayah darajat pass, langsung meluncur kearea parkir, disini parkir itu bayarnya pas masuk, jadi pes pasuk area parkir langsung dikasih karcis parkis dan dikenakan biaya parkir Rp. 2000,-. Untuk biaya masuk ke Darajat Pass Rp. 22.000,- plus dapat satu botol minuman dari sponsor wisata.

Saat itu suasana didarajat begitu rame karena pas weekand, sebelum kami semua berenang, kita jalan-jalan dulu melihat-lihat suasana disana dan menikmati indahnya alam. sekitar 30 menit kami melakukan jalan-jalan dan foto-foto. Akhirnya kami kembali ke area kolam renang dan memilih kolam yang akan dijadikan tempat merendam badan. Kami semua sepakat memilih kolam yang ada dipojok dibawah tempat penginapan dan berdekatan juga dengan ruman makan Darajat Pass. Kolam yang kami pilih adalah kolam paling dalam yaitu 190 Cm dan 150 Cm. Setelah masuk kekamar ganti, kami semua langsung buaarrrrr loncat kekolam dan akhirnya semua tubuh basah kuyup dan siap menikmati hangatnya air panas di Pemandian Air Panas Darajat Pass Garut.