Home » , » Keindahan Pantai Rancabuaya Garut Selatan

Keindahan Pantai Rancabuaya Garut Selatan

Written By Frank Garsel on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 04.32

Hari kedua Hur Ri ke 68, saya melanjutkan jalan-jalan ke Pantai Rancabuaya Garut Selatan. saya kesana berdua dengan Faris, Mahasiswa Widyatama Bandung, karena Fauzy tadi pagi sudah berangkat lagi ke Tasikmalaya.

Sebenarnya melanjutkan jalan-jalan ini tidak direncanakan sebelumnya, jadi mendadak secara spontan, Faris yang rencananya siang ini akan balik lagi ke bandung malah ngajak ke Pantai Rancabuaya, akhirnya saya menyetujui walaupun agak setengah hati, karena harus menempuh perjalan yang begitu curam serta jalan yang rusak berat di sekitar kecamatan Caringin 30 Km lagi ke pinggir pantai, jalan rusak parah sekitar 20 KM menjelang sampe ke pantai.

Diperjalanan saya mengalami hal yang membuat kami berdua ketawa, karena saya mengalami kecelakaan jatuh keselokan yang ada di area Caringin, namun tidak cidera ataupun luka (tos teu kuat leuleus) hehe. Tujuan kami star dari kecamatan Bayongbong menuju Pantai Rancabuaya ini, cuaca cerah membuat saya dan teman saya ini tetap melanjutkan perjalanan menuju pantai, walaupun tadinya akan putar balik lagi ke kota garut karena medan perjalanan yang sangat parah, namun saya baik teman saya berfikir lagi, kalau tidak sampai ke pantai, sia-sia saja perjalanan yang sudah dilewati.

Karena sepanjang perjalanan, jalan cukup memprihatinkan. Dengan semangat 2013, kami berdua terus melaju dengan motor yang di gunakan oleh teman saya ini dengan kecepatan yang cukup kencang. Berangkat dari Bayongbong pukul 12 siang,nyampe ke pantai rancabuaya sekitar kurang lebih pukul satu lebih.

Dari bayongbong menuju pantai ini, hanya berhenti sekali di Bungbulang untuk membeli nasi bungkus buat di santap nanti pas sampe dipantai tujuan. Jalanan yang berliku-liku membuat kami berdua agak merinding melihat jalan yang harus dilewati. Sampai ke pantai tidak langsung makan atau main air laut, tapi teman saya langsung mengambil beberapa gambar untuk dokumentasi perjalanannya, kalau saya langsung tiduran di saung-saung yang ada di pinggir pantai untuk istirahat sejenak, ngantuk mulai menyerang saya karena kecapean, akhirnya saya langsung memesan segelas kopi hitam dari penjual yang berjejer disepanjang pinggir pantai.

Abis rokok sebatang dan kopi segelas, akhirnya saya mengikuti gaya teman saya untuk sesi pemotretan hahhaa (gaya artis), dengan cuaca yang sangat panas, matahari menjelang sore terasa panas sekali dengan hembusan air laut dan gemuruh ombak, tidak menyurutkan saya dan teman saya untuk menikmati keindahan alam pantai Rancabuaya Garut Selatan.

Sambil melihat anak-anak yang lagi menangkap ikan-ikan kecil yang ada di balik karang yang bertebaran di pinggir pantai, saya sambil bergaya ala artis, dipoto bergantian dengan teman saya. Dipinggir pantai saat itu lumayan rame oleh para pengunjung, soalnya masuk ke area wisata pantai rancabuaya hanya cukup membayar 3500 plus udah termasuk parkir.

Sudah kenyang pemotretan, saya akhirnya menyantap makan yang tadi dibeli di sekitar Bungbulang, dengan semangat dan lapar yang sudah tak terkendali, akhirnya saya dan teman saya membuka bungkusan nasi plus lauk pauknya. Selesai makan, langsung menikmati sebatang rokok, habis rokok barulah kami untuk balik lagi ke kota Garut dengan hati campur aduk anatara cape dan seneng karena sudah berkunjung ke pantai yang menjadi idaman para wisatawan.

Perajalanan siap berangkat, dari pantai menuju bayongbong, kami tidak istirahat karena takut kemalaman diperjalanan, mengingat tak adanya penerangan jalan di sepanjang jalur menuju garut. Hembusan angin malam sudah mulai terasa, dingin yang begitu menggigil membuat saya dan teman saya kedinginan sekali. Perkebunan teh tak terlihat hijau karena gelap, beda dengan tadi siang pas berangkat, memasuki area perkebunan teh begitu terasa keindahan alam yang hijau dan sejuk.

Akhirnya tepat sekitar pukul 7 malam, kami sampai ke Bayongbong, langsung membersihkan diri karena muka penuh debu, dan menikmati secangkir kopi, teman saya, istirahat sejenak karena akan melanjutkan perjalanannya ke bandung karena besok akan kuliah. Akhirnya tepat pukul 8 malam, teman saya melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung. Pengalaman yang tak bisa dilupakan...:)