Home » » Perjalanan Menuju Pantai Santolo Garut

Perjalanan Menuju Pantai Santolo Garut

Written By Frank Garsel on Minggu, 05 Oktober 2014 | 20.22

Dengan berjalannya waktu, Kabupaten Garut saat ini mulai dikenal masyarakat luas dari berbagai kota/kabupaten lain yang ada di Jawa Barat maupun luar Jawa Barat. Selama ini Kota Garut dikenal dengan Kota Dodol, karena ini salah satu khas kota Garut untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang saat menikmati liburan di kota intan, namun dibalik makanan khas itu, siapa sangka, Garut memiliki beberapa objek wisata yang sangat indah. Salah satu tujuan wisata saat ini yang mulai didatangi oleh para wisatawan adalah Pantai Santolo yang berada di Garut Selatan, pantai santolo ini memiliki keindahan tersendiri dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna biru kehijauna. Santolo menjadi tujuan wisata saat ini dikarenakan pantai ini masih alami, mulai dari pengelolaan yang masih sederhana, para nelayan yang masih tradisional, serta di pantai ini dijadikan tempat pusat penampungan ikan hasil para nelayan dari beberapa area yang ada di pantai Garut Selatan. 

Untuk menuju ke Pantai Santolo, dari pusat Kota Garut jarak tempuh sekitar 108 Km dengan perjalanan kurang lebih 4 Jam. Kita harus siap baik rohani maupun jasmani, karena perjalanan ini akan sangat melelahkan dikarenakan jalanan yang berkelok-kelok membuat kita pusing kepala, seperti kemarin saya mengantar para wisatawan dari Jakarta, yang kebanyakan wisatawan Mancanegara, banyak yang tidak tahan dan hampir batal menuju kesana, karena kelelahan diperjalanan. Maka dari itu, sebelum berangkat kesana, harus persediaan kresek, minyak masuk angin dan beberapa obat"an yang bisa digunakan saat diperjalanan, karena yang biasa berkenadara juga banyak yang mabuk kendaraan bila melewati jalur ini. 


Jalanan yang berbelok-belok akan kita jumpai pas kita memasuki wilayah Kecamatan Cikajang sampai ke Kecamatan Cisompet, selama 3 Jam perjalanan ini, kita akan sulit menemukan jalan yang lurus, semuanya hampir berbelok-belok. Belokan nya bukan seperti biasa, hampir semua belokan menuju kesana adalah belokan tajam yang harus ekstra hati-hati, karena banyaknya kendaraan umum yang dari Pamengpeuk menuju Kota Garut dan Kota Bandung. Saya berangkat dari Kota Garut pukul 8 pagi bersama rombongan sebanyak dua Bis menggunakan bis Blue Bird, sampai ke pantai santolo pukul 12:30 Wib, berhenti hanya dua kali, pertama di daerah Gunung Gelap, disana berhenti sekitar 15 menit, dan di Cisompet berhenti yang kedua kalinya karena anak-anak sudah tak tahan banyak yang mabuk kendaraan, terpaksa pa sopirnya memberhentikan bis sejenak. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali. Bersambung... :)
Share this article :

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Sesuai Tema Di Atas, Tema Di Atas Hanya Kekadar Coretan Seorang Frank Yang Lagi Galau Hehehe

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Frank Garsel Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger